JAMUR

0 komentar

Siapa yang tak kenal jamur? Bahan makanan ini sangat populer dalam berbagai masakan, baik masakan Indonesia, masakan Oriental bahkan masakan Barat. Jamur sudah dikonsumsi orang sejak zaman dahulu kala sebagai bahan makanan sehari2 yang lezat dan bergizi.

Disamping itu jamur juga dikonsumsi karena dipercaya memiliki khasiat pengobatan terhadap berbagai macam penyakit. Hasil penelitian menyebutkan bahwa jamur yang biasa kita makan rata-rata mengandung 14-35 persen protein.

Dibandingkan dengan beras (7,38 persen) dan gandum (13,2 persen), jamur berkadar protein lebih tinggi. Asam amino esensial yang terdapat pada jamur ada sembilan jenis dari total 20 jenis yang kita kenal yaitu lysin, methionin, tryphtofan, theonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin.


Sedangkan kalori yang dikandung jamur adalah 100 kj/100 gram dengan 72 persen lemak tak jenuh. Jamur juga kaya akan vitamin, di antaranya B1 (thiamin), B2 (riboflavin), niasin, dan biotin. Untuk mineral, jamur mengandung K, P, Fe, Ca, Na, Mg, Mn, Zn, dan Cu.

Serat jamur sangat baik untuk pencernaan. Kandungan seratnya mencapai 7,4- 24,6 persen sehingga cocok untuk para pelaku diet. Menurut hasil riset di Massachusetts University, AS, riboflavin, asam nicotinat, panthotenat, dan biotin (Vit B) yang ada pada jamur masih terpelihara dengan baik meskipun jamur telah dimasak. Jamur umumnya dijual dalam bentuk segar ataupun dalam bentuk kering.

Comments

0 comments to "JAMUR"

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com Karjat Resorts